Sebelum memulai usaha atau bisnis, salah satu modal utama yang perlu dipersiapkan secara matang adalah mental. Bagaimanapun juga, menjalankan bisnis itu tidak semudah teori yang gampang didapatkan dari mana saja. Mental yang lemah merupakan hambatan terbesar ketika memulai usaha dalam bidang apapun.
1. Tujuan berbisnis
Segala macam tindakan pasti mempunyai tujuan tertentu. Demikian pula dengan orang yang mau memulai usaha. Jangan berbisnis jika niatnya hanya ingin coba-coba saja, apalagi karena dalam kondisi terpaksa.
Tujuan memulai bisnis adalah mendapat penghasilan besar, tetapi selalu dilalui dengan proses panjang, Tidak ada bisnis yang secara langsung bisa mendatangkan laba tinggi. Jadi kuncinya harus tekun dan sabar.
Banyak contoh pengusaha besar yang memulai usaha dengan modal kecil saja. Tetapi setelah berhasil melewati berbagai cobaan dan ringtangan, bisnis yang dijalankan menjelma menjadi usaha yang sangat menguntungkan. Proses ini tidak hanya memerlukan waktu 1 atau 2 tahun saja tapi ada yang hingga puluhan tahun baru berhasil menuai kesuksesan.
2. Keyakinan diri
Perasaan ragu-ragu dan kurang percaya diri adalah hal yang sering membuat orang mendapat kegagalan saat memulai usaha dan bisnis. Misalnya takut gagal, takut menghadapi persaingan atau takut karena tidak punya modal dan sebagainya.
Orang yang ingin sukses saat memulai usaha harus yakin dan percaya diri jika dirinya mampu menjalankan usaha tersebut. Jangan mudah terpengaruh pada pendapat orang lain yang sering mengatakan jika memulai usaha itu harus punya modal besar dan anggapan negatif lainnya.
Perlu ditegaskan, modal bukan unsur utama keberhasilan seseorang saat akan memulai usaha bisnis. Jika ide bisnis yang mau dilakukan mempunyai prospek bagus, modal sangat gampang didapat. Misalnya dari investor, kredit bank dan sebagainya.
Jadi kesimpulannya keberanian atau rasa percaya diri dan kreatif merupakan kunci utama dari keberhasilan ketika mau memulai usaha dan berbisnis. Kedua unsur tersebut tidak bisa datang dari orang lain. Semua harus dihadirkan dalam diri sendiri oleh orang yang berniat memulai usaha.
Oleh karena itu, segera singkirkan rasa takut untuk memulai usaha di bidang apa saja. Selain itu rajinlah belajar dari para pengusaha yang telah berhasil dalam mengembangkan bisnisnya. Dan satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan, selalu fokus pada apa yang sedang dikerjakan. Selamat berbisnis.
 
Top