Bisnis waralaba tidak harus selalu memerlukan modal besar. Saat ini banyak sekali franchisor yang memberi kesempatan membuka usaha waralaba modal kecil bagi masyarakat. Bahkan ada usaha waralaba modal kecil yang nilainya tidak lebih dari 5 atau 10 juta rupiah. Berikut beberapa peluang usaha waralaba dengan modal kecil yang kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.
1. Waralaba makanan dan minuman
Salah satu jenis usaha waralaba modal kecil yang saat ini menjadi trend di masyarakat adalah waralaba makanan atau minuman. Potensi bisnisnya sangat bagus karena semua orang selalu butuh kedua jenis produk tersebut.
Ketika menentukan jenis usaha waralaba modal kecil bidang kuliner, pilihlah yang produknya unik dan harganya terjangkau masyarakat luas. Biasanya waralaba ini menggunakan gerobak untuk memasarkannya.
Baca juga : Franchise Makanan
2. Waralaba loundry
Jasa loundry merupakan jenis usaha waralaba modal kecil yang sekarang juga mulai banyak peminatnya. Jika rumahnya berada di area strategis atau pinggir jalan, model waralaba modal kecil ini ini bisa dijadikan pilihan utama.
Jika harus menyewa tempat, tentu tidak bisa disebut lagi sebagai usaha waralaba modal kecil. Meski ruang yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini tidak terlalu besar, tetapi biaya sewa tempat itu tetap mahal, apalagi di kota besar.
3. Waralaba kesehatan dan kecantikan
Ada satu jenis usaha waralaba modal kecil yang sangat cocok dijalankan oleh para ibu rumah tangga atau remaja putri, yaitu waralaba kesehatan dan kecantikan. Namun tidak jauh berbeda dengan waralaba loundry, usaha waralaba modal kecil ini juga harus dibuka di area strategis.
Setiap wanita pasti ingin selalu tampil cantik dan sehat. Keinginan ini bisa dijadikan peluang besar guna mengembangkan bisnis waralaba modal kecil di bidang kesehatan dan kecantikan. Prospek pasarnya sangat bagus dan luas, karena makin banyak wanita yang tidak mempunyai waktu cukup untuk merawat diri.
4. Waralaba pendidikan dan pelatihan
Contoh jenis usaha waralaba modal kecil yang bisa dijalankan semua orang adalah waralaba bidang pendidikan serta pelatihan. Jenis peluang usaha ini memiliki berbagai macam bentuk. Misalnya jasa bimbingan belajar atau pelatihan ketrampilan khusus seperti montir mobil, menjahit dan lain sebagainya.
Melalui beberapa contoh usaha waralaba modal kecil di atas, bisa ditentukan sendiri peluang bisnis yang dianggap paling mudah dijalankan. Semua akan menghasilkan laba besar, apabila disertai dengan usaha keras dan sifat pantang menyerah. Selamat berbisnis waralaba. 
 
Top