Setiap orang membutuhkan pakaian, sprei, gorden bersih. Ini peluang usaha yang bisa kita manfaatkan. Selain pengelolaan bisnis sampingan laundry kiloan ini tidak begitu rumit, hanya membutuhkan mesin cuci, seterika, buku catatan dan tempat, karena banyak orang yang tidak mempunyai waktu dan bermalas-masalan untuk mencuci pakaian. Apabila tempat kita berada dilingkungan kampus atau perkantoran, itu akan lebih baik lagi.

Kita tidak perlu mengawasi pegawai kita, jika kita sibuk bekerja karena ada catatan pembukuan dan kuitansi kecil pembayaran para pelanggan. Kita cukup datang kesana sepulang dari kerja atau kantor untuk mengecek pembukuan dan bahan buku yang habis.

Konsumen

Pelanggan terbesar kita adalah para mahasiswa, pekerja kantoran yang masih lajang, dan orang-orang yang tidak mau repot mencuci.

Bagaimana memulai

Tentukan saja tempat adalah ha lpertama kali kita sediakan dalam menjalankan bisnis sampingan ini. Bisa dirumah atau garasi kita jika ada tempat kosong, atau lahan lain. Akan lebih baik bila tempatnya strategis dan mudah untuk dijangkau banyak orang. Selain itu kita membutuhkan pekerja yang loyal dan mau bekerja keras. Setidaknya dua atau tiga orang untuk mencuci, seterika dan yang lainnya.

Hambatan

Bisnis laundry kiloan ini semakin menjamur belakangan ini. Persaingan semakin ketat. Kita harus pintar-pintar menjalankannya dan mampu memberika layanan terbaik agar tetap menjadi pelanggan kita.

Kunci Sukses Bisnis Laundry Kiloan

Kunci terbesar di bisnis laundry kiloan ini adalah pemasaran. Jika kita bisa membuat proposal yang bagus dan memasukkannya ke perusahaan dan rumah sakit atau instasi lainnya, dan mereka mau menjalin kerjasama dengan kita, berarti kita sudah mempunyai pelanggan yang tetap perbulannya. Tentu saja kit ahrus menjaga kualitas, bai dari segi pelayanan atau yang lainnya. Pelayanan antar jemput juga menjadi salah satu nilai plus untuk tetap menjaga pelanggan dan menambah pelanggan lagi.
 
Top